Apa Arti Backlink

Biarkanlah si bodoh belajar agar pintar | biarkanlah si miskin berupaya agar kaya | biarkanlah perbedaan menemukan persamaannya |


jika Anda seorang blogger pemula seperti Li Bebek, sudah pasti Anda akan sering mendengar istilah “backlink” yang sangat berguna untuk SEO. Apa Arti backlink? Backlink adalah istilah yang mengacu pada link yang mengarah ke sebuah website atau halaman web dari situs web lain atau dengan kata lain, backlink adalah menampilkan situs web lain pada postingan Anda atau juga disebut link tertanam (anchor text). Sebagai contoh, Anda mengcopy tulisan dari RejekiAngka dan ditampilkan pada postingan Anda. Karena Anda tidak ingin dicap sebagai penjiplak maka kemudian Anda menyertakan link asli dari RejekiAngka  di bawah tulisan yang dikopi tersebut. Nah, link asli tersebut disebut Backlink. Tapi bagi situs Anda, link asli tersebut disebut outbound link atau link keluar (kebalikan dari backlink). Artinya, anda memberikan backlink bagi RejekiAngka dalam postingan Anda.

Backlink ibarat makanan bergizi bagi SEO, karena backlink dapat membantu menaikan SERP (hasil pencarian), tapi tidak semua jenis backlink akan memberikan manfaat SEO, karena hanya backlink berkualitas yang diperhitungkan ALEXA. Backlink berkualitas dapat berasal dari banyak situs web yang populer (Mozrank diatas 2,5 atau Pagerank diatas 2) atau beberapa backlink dari situs yang sangat populer sekali ( Mozrank diatas 4 atau Pagerank diatas 4). Semakin banyak backlink berkualitas yang Anda dapatkan, maka secara otomatis Mozrank dan Pagerank situs Anda pun akan naik, karena baik Mozrank ataupun Pagerank menggunakan perhitungan matematis.


 

 

 Cara Membuat Backlink

Karena begitu pentingnya backlink bagi SEO yang akan membantu meningkatkan SERP dan pada gilirannya menghasilkan pengunjung atau trafik yang natural dari search engine (Google, Bing, Yahoo, dll), mau tidak mau, Anda harus memikirkan cara membuat backlink untuk blog Anda. Berikut ini beberapa cara untuk menghasilkan backlink yang berkualitas:

Bertukar Link/Tukaran Link

Cara ini biasa dilakukan oleh sesama blogger, dimana mereka saling bertukar link, memasang link situs milik blogger lain pada situs mereka, demikian juga sebaliknya. Biasanya link dipasang pada blogroll (sisi kanan/kiri) atau footer (bagian bawah) web blog. Anda hanya perlu mengontak webmaster dengan niche yang sama dan mengajaknya untuk bertukar link, biasanya persyaratannya adalah peringkat Google Pagerank minimal sama (blog PR1 dengan PR1 atau bisa juga blog PR3 dengan 3 blog PR1), intinya adalah sama-sama saling menguntungkan. Tapi cara seperti ini, saat ini sudah tidak diperkenankan oleh Google 
 Guidelines dan sebaiknya Anda juga menghindarinya.

Meninggalkan Komentar

Blog yang tidak ada komentar ibarat pengadilan tanpa pengacara, terasa sepi karena tidak ada perdebatan. Setiap pemilik blog akan sangat senang jika postingan mereka dikomentari. Namun tidak demikian jika komentar yang anda tinggalkan adalah SPAM (sampah) karena biasanya akan otomatis di hapus. Komentar yang dikategorikan spam antara lain, berkomentar tidak nyambung dengan postingan, kopi paste komentar, kata yang terlalu sedikit, menggunakan robot dan meninggalkan komentar yang sama pada setiap blog, dll.
Untuk mendapatkan backlink dari komentar, carilah blog yang seniche dengan blog Anda, dan pastikan blog tersebut memiliki Mozrank yang tinggi (diatas 2,5), dalam kolom website, isilah dengan URL blog anda (misal http://namadomainanda.com) atau anda juga menyisipkan link pada komentar dengan kode html berikut:

<a href=”http://namadomainanda.com/”>anchor text</a>)

Harus diingat bahwa tidak semua kotak komentar mengizinkan anda untuk meninggalkan kode html dalam komentar.

Guest Posting

Guest posting adalah posting artikel pada website lain, tentunya dengan izin webmaster. Ada banyak web blog yang mengizinkan guest posting, hubungi webmaster agar anda dapat diizinkan menulis untuk mereka, dan sebagai imbalannya, anda dapat menyisipkan 1 atau 2 backlink pada tulisan Anda tersebut. Guest posting saat ini dikatakan sebagai penghasil backlink terbaik, karena banyak dari situs-situs yang menyediakan guest post memiliki peringkat MozRank yang sangat tinggi, yang tentunya sangat baik untuk mendapatkan backlink berkualitas. Guest posting juga dapat diimplementasikan pada sejumlah artikel direktori yang memiliki autority tinggi seperti Ezine misalnya yang sangat baik untuk membangun backlink berkualitas.

Manual Backlink vs Auto Backlink

Manual backlink biasanya dilakukan oleh blogger sejati ( seperti saya Li Bebek, wadeeww sombongnya...) yang menggunakan cara-cara etis sesuai dengan kaidah Google, meskipun membutuhkan waktu lebih lama, manual backlink akan menghasilkan sesuatu yang memuaskan, antara lain naiknya SERP, meningkatnya authority web blog, domain authority (DA) dan Page Authority (PA). Dan pada gilirannya, pengunjung organik dari mesin pencari akan meningkat secara alami.

Auto Backlink atau backlink otomatis dilakukan dengan sebuah alat (software bot) misalnya Scrapebox atau SenukeX, yang dapat secara otomatis menanamkan backlink melalui komentar atau submit artikel pada artikel direktori, dimana setiap artikel sudah disisipkan backlink. Kelemahannya adalah, artikel atau komentar yang disubmit merupakan artikel daur ulang dan biasanya sama yang dipost pada artikel direkori satu dengan yang lainnya, sehingga komentar dapat dikategorikan sebagai spam dan artikel yang tidak original atau duplikat konten yang disisipi link dapat dikategorikan link farm, yang sangat dilarang oleh tim webspam Google yang dapat dilacak melalui algoritma terbarunya yakni Google Penguin. Jika sudah dikategorikan spam atau link farm, maka bukan otoritas atau SERP yang naik, malah justru sebaliknya, web blog Anda akan terlempar jauh dari SERP.Oke selamat belajar.

.

Title : Apa Arti Backlink
Description : Biarkanlah si bodoh belajar agar pintar | biarkanlah si miskin berupaya agar kaya | biarkanlah perbedaan menemukan persamaannya | ...

5 Responses to "Apa Arti Backlink"

  1. wah makasih ya gan infonya..
    sangat membantu saya dalam dunia blogging.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @LaNo Saputra, waduh tersanjung aku,...aku masih newbie gan, hanya sharing aja,..terimakasih kunjungannya..

      Hapus
  2. Thank's ya gan buat infonya...
    berguna bgt buat pemula kayak ane...

    BalasHapus
  3. Thanks gan , semoga ilmunya bermanfaat nih ya . Terimakasih

    BalasHapus

Terimakasih sudah singgah
Demi perkembangan dan kemajuan Rejeki Angka
Mohon tinggalkan komentar anda
Kritik, saran dan masukan anda
Adalah pupuk dan mineral kehidupan blog ini.

TETAPI MAAF KARENA ADMIN TIDAK SELALU ONLINE

Maka harap maklum bagi komentator apabila komentar tidak langsung ditanggapi,terimakasih.

SALAM BLOGGER...!!

Label