Awas Google Panda dan Penguin Update


AWAS GOOGLE PANDA dan PENGUIN UPDATE

Teknik SEO tempo dulu yang beranggapan bahwa backlink adalah segalanya, kini tidak berguna lagi setelah Google mengupdate algoritma terbaru untuk mesin pencari mereka, yang kita kenal dengan Panda 3,5 dan Penguin 1.0. Hampir semua website yang membangun backlink asal-asalan dibabat habis, hingga hilang dari peredaran SERP.

Banyak pemilik blog dibuat bingung atas melorotnya peringkat website mereka dalam SERP (search engine result page). Banyak pertanyaan yang sama mengenai hal ini di beberapa forum Webmaster dan SEO baik di luar negeri maupun forum dalam negeri Indonesia. Salah satu pertanyaan yang menarik adalah bagaimana efek backlink setelah Panda dan Penguin Update??

Pertama yang harus diingat bahwa backlink hanyalah salah satu dari banyak aspek yang dapat mempengaruhi hasil pencarian atau yang meningkatkan SERP. Oleh karenanya, jika website Anda mengalami penurunan tajam dalam SERP atau website anda tiba-tiba terlempar jauh dari top 10 atau bahkan tidak terdaftar dalam top 100 SERP, ada banyak kemungkinan yang membuat hal itu terjadi. Pelajari 5 kesalahan dasar SEO yang dikemukakan oleh Maie Ohaye dalam artikel Blog terbaik kriteria Google.

Kembali pada pertanyaan awal, apakah efek backlink setelah Panda dan Penguin Update? Backlink masih memiliki pengaruh besar untuk meningkatkan SERP, dengan catatan bahwa backlink yang dibangun adalah backlink berkualitas. Apa ciri-ciri backlink berkualitas? Pastikan bahwa backlink yang Anda tanamkan tidak pada web blog yang deindeks, anda bisa melakukan cek dengan mengetikan pada mesin pencari (info:namadomainanda.com), jika muncul nama domain yang Anda ketikkan, artinya domain masih terindeks. 

Syarat lain yang harus dipenuhi adalah web blog yang memiliki web authority yang tinggi. Web authority terdiri dari:

1. Page Authority (PA), minimal di atas 25
2. Domain Authority (DA), minimal 30.
3. MozRank diatas 2,5

Untuk mengecek web authority, anda dapat menggunakan Mozrank Toolbar atau secara manual melalui website seperti Moonsy.com. Bagaimana dengan PageRank dan Alexa Rank, apakah memiliki pengaruh? Jika web authority memenuhi kriteria di atas, maka secara otomatis Pagerank dan AlexaRank dari website tersebut memiliki peringkat yang baik. Sebagian webmaster beranggapan bahwa “Content is King” setelah Google Panda dan Penguin Update. Apakah memang benar demikian?

Content vs Backlink

Yah saya percaya bahwa “content is king”, karena banyak webmaster mengatakan tanpa backlink pun, website mereka mampu bersaing atau mendapatkan peringkat yang baik di SERP (10 besar). Namun sebagian lainnya tidak demikian, meskipun artikel yang mereka buat sudah baik, lolos copyscape dengan grammar yang baik pula, nyatanya mereka tidak mampu meraih posisi yang baik dalam SERP.

Kembali lagi, bahwa banyak aspek SEO yang dapat mempengaruhi SERP. Memang, menurut saya bahwa kualitas konten menjadi perhatian utama setelah update Panda dan Penguin. Untuk mendapatkan peringkat yang baik di SERP juga tergantung tingkat persaingan kata kunci, artinya bahwa jika Anda mengandalkan kualitas konten saja, sedangkan pesaing Anda pun demikian, maka hal yang menjadi perhatian kedua adalah Backlink, selain struktur web dan navigasi yang baik tentunya.

Anda tidak bisa mengabaikan satu aspek dalam SEO, artinya anda harus melakukan semua teknik SEO, agar website Anda mampu meraih peringkat pertama pada halaman mesin pencari. Berikut daftar yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki posisi SERP.

1. Kualitas Konten

Ingat bahwa konten adalah raja, Anda harus benar-benar memperhatikan konten Anda. Satu artikel yang buruk dapat mempengaruhi SERP. Oleh karena itu, hindari duplikat konten, anda harus mengeditnya atau menghapusnya sama sekali.

2. Perbaiki struktur web blog

Termasuk diantaranya navigasi, sitemap, html error, alt tag, internal link, dsb.


Sebagian sudah dibahas di atas, untuk lebih jelasnya, baca artikel backlinkberkualitas untuk mempelajari lebih lanjut.

4. Gunakan teknik yang sesuai dengan kaidah Google

Hindari keyword stuffing, yakni praktek yang mengulang-ulang kata kunci dalam artikel atau memasukan kata kunci berulang dalam meta tag. Kata kunci yang baik tidak lebih dari 2% dari total keseluruhan kata dalam artikel.

Hindari teknik cloacking, yakni teknik yang menyembunyikan teks dalam webpage, artinya apa yang dilihat robot mesin pencari berbeda dengan apa yang pengguna lihat pada web tersebut.

Dapat disimpulkan setelah Panda dan Penguin update bahwa, backlink masih mempunyai kekuatan untuk mendorong website mencapai peringkat dalam SERP, namun Anda harus berhati-hati dalam melakukan link building, selalu gunakan teknik SEO handal yang legal atau biasa disebut whitehat technique, sehingga peringkat SERP web Anda akan naik secara natural dan memberikan keuntungan bagi Anda.

.
Title : Awas Google Panda dan Penguin Update
Description : AWAS GOOGLE PANDA dan PENGUIN UPDATE Teknik SEO tempo dulu yang beranggapan bahwa backlink adalah segalanya, kini tidak berguna lagi...

6 Responses to "Awas Google Panda dan Penguin Update"

  1. backlink udah jdi jantung google...

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang benar gan..terimakasih kunjungannya

      Hapus
  2. Ngeri Jadinya Abis Baca Atikel anda..

    Jangan Lupa Koment Back Ya....

    Klik Disini..

    Salam Blogwalker... :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh agan Saiful Anasz ada-ada aja nich, sangat tersanjung aku, tapi terimakasih kunjungannya hehehe

      Hapus
  3. terima kasih mas buat saran2nya, moga aja blog saya ini tidak kena terjangan google panda dan peguin

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama gan, hanya sharing siapa tahu ada manfaatnya, terimakasih kunjungannya..salam blogger..!!

      Hapus

Terimakasih sudah singgah
Demi perkembangan dan kemajuan Rejeki Angka
Mohon tinggalkan komentar anda
Kritik, saran dan masukan anda
Adalah pupuk dan mineral kehidupan blog ini.

TETAPI MAAF KARENA ADMIN TIDAK SELALU ONLINE

Maka harap maklum bagi komentator apabila komentar tidak langsung ditanggapi,terimakasih.

SALAM BLOGGER...!!

Label